Pete Shelley, Frontman Buzzcocks Meninggal Dunia

  • By: OGP
  • Jumat, 7 December 2018
  • 167 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Awan kelabu kembali mengiringi jagat rock. Frontman band punk rock berpengaruh Buzzcocks, Pete Shelley telah meninggal dunia pada Kamis (6/12) waktu setempat. Pria kelahiran Manchester, Inggris itu mengembuskan nafas terakhirnya di usia 63 tahun, ditengarai akibat serangan jantung.

Kepergian Pete Shelley ini tentu meninggalkan rasa duka bagi kerabat dan rekan band. Berita mangkatnya sang pentolan dikonfirmasi langsung melalui Twitter resmi Buzzcocks.

“Dengan kesedihan mendalam, kami mengonfirmasi kematian Pete Shelley, salah satu penulis lagu paling berpengaruh dan produktif di Inggris dan pendiri dari band punk orisinal Buzzcocks,” tulis pernyataan resmi mereka di jagat maya.

“Karya musik Pete telah menginspirasi karier generasi musisi yang berlangsung selama lima dekade, bersama band dan sebagai artis solo ia telah mendapatkan penghargaan tertinggi dari industri musik dan para penggemarnya di seluruh dunia.”

Menanggapi kematian Pete Shelley, sejumlah band/musisi tenar pun ikut berkicau melepaskan rasa duka cita mereka di media sosial, di antaranya Peter Hook (eks Joy Divison & New Order), Duff McKagan (Guns N’ Roses), hingga Pearl Jam.

“Pete Shelley adalah seorang pria sejati. Dia banyak membantu kami di awal karier karena cinta yang tulus untuk segala hal tentang punk. Tanpa Pete dan Buzzcocks, aku mungkin masih bekerja di dermaga pelabuhan. RIP mate,” kicau Peter di akun Twitter pribadinya.

Pete Shelley membentuk Buzzcocks pada 1976, di mana era punk rock tengah meledak kala itu di Inggris. Bersama Sex Pistols, The Clash, dan The Damned mereka adalah garda terdepan kancah punk Britania. Meski sempat bubar di tahun 1981 dan kembali reuni pada 1989, sejauh ini Buzzcocks telah produktif mengeluarkan sebanyak sembilan album studio, terakhir mereka melepas The Way (2014).

Karya musik Shelley yang paling terkenal adalah single “Ever Fallen in Love (With Someone You Shouldn't've)”. Shelley bersama Buzzcocks juga dianggap sebagai pionir pop punk, karena musik punk rock yang diusung m oleh unsur power pop.



    0 Comments

Latest News