KOMUNAL: Rilis Ulang Album Perdana dalam Format CD

  • By: NTP
  • Rabu, 22 February 2017
  • 3591 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kuartet stoner metal asal Bandung, Komunal, telah merilis ulang album perdana Panorama (2004) dalam format compact disc. Panorama versi CD ini didistribusikan melalui Omuniuum (Bandung) dan Flush (Pekanbaru) sejak Senin, 20 Januari lalu.

Pada laman resmi Komunal di Facebook, vokalis Doddy Hamson, sempat menyampaikan sejarah pendek Panorama.

“Panorama adalah album pertama Komunal yang dirilis pada bulan Agustus 2004, dalam format kaset 13 tahun yang lalu. Sekarang dirilis ulang dalam format compact disc,” ujar Doddy.

“Selamat menikmati, heavy metal tetap berkibar. Wow yeah!,” serunya.

Perilisan ulang tersebut berkenaan dengan peringatan ulang tahun ke-13 Komunal. Dirilis pada Agustus 2004, Panorama adalah salah satu album stoner metal pertama di Indonesia. Panorama berisi sembilan lagu stoner metal berat dan bertempo tinggi.

Panorama pertama kali dirilis dalam format kaset oleh HamsonKiller Records. Album ini juga pernah dirilis ulang dalam format piringan hitam pada Record Store Day 2014 oleh Sonic Funeral Records. Panorama versi piringan hitam sempat di-remaster oleh Brad Boatright (From Ashes Rise, Deathreat) di Audiosiege Media, Portland, AS.

Sejak 2004, Komunal sudah merilis tiga album: Panorama (2004), Hitam Semesta (2008), dan Gemuruh Musik Pertiwi (2012). Album terakhir Komunal, Gemuruh Musik Pertiwi, dianugerahi Best Album dan Best Rock/Hard Rock untuk lagu “Gemuruh Musik Pertiwi” di Indonesia Cutting Edge Music Awards (ICEMA) pada 2012.

Dalam tiga album tersebut, formasi Komunal diisi oleh Doddy Hamson (vokal), Anwar Sadat (gitar), Arie Khomaini (bass), dan Harry Reza (drum). Sementara untuk penampilan panggung, kini posisi bassis diisi oleh Arief Tri Satya dari grup hard rock GRIBS.

Foto: Facebook Komunal


Tags:

    0 Comments

Latest News