Supertapes: The Panturas

  • By: GP
  • Jumat, 7 December 2018
  • 301 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

The Panturas hadir untuk mengajak lo "berselancar" di teriknya pantai utara (walau mereka mengaku nama band-nya adalah plesetan dari grup legendaris The Ventures). Kalau gak percaya, dengarkan album pertama mereka yang dirilis tahun ini, Mabuk Laut. 

The Panturas beranggotakan Abyan (vokalis), Rizal (gitar), Gogon (bass), dan Kuya (drum). Kini mereka berbagi 10 lagu favorit, yang separuhnya berisi lagu Indonesia klasik wajib dengar. 

Generic placeholder image
1
The Tielman BrothersMarabunta

Bagi saya, musik-musik yang ada di kompilasi Java-Java Indonesia Screaming Fuzz Vol. 1 adalah salah satu harta karun musik garage/surf Indonesia era 60-70-an. Dari belasan track di situ, "Marabunta" milik Tielman bersaudara ini menjadi track instrumental yang paling nyangkut di kepala saya. Lick-lick gitarnya liar dalam kadar yang tepat. Sungkem lah aku sama mereka mah! (Kuya)

Generic placeholder image
2
The RolliesMenari A Go Go

Lagu ini dirilis pada tahun 1967 dalam album Dari Bandong Indonesia. The Rollies saat itu masih berempat (Iwan Krisnawan, Delly Joko Alipin, Dedy Stanzah, Tz Iskandar). Era sebelum ada Gito Rollies (1968). Lagu ini mengingatkan saya pada beat-beat yang danceable ala James Brown dan Wayne Cochran. Enerjik! (Kuya)

Generic placeholder image
3
Django ReinhardtMinor Swing

Lagu ini menyadarkan saya bahwa bermain gitar tidak cukup hafal pentatonik murahan semata. Walaupun begitu, setelah mendengarkan ini dan beberapa karya Django lainnya bertahun-tahun, saya tetap tidak paham apa yang dia pikirkan tiap main gitar. Pentatonik tetap andalanku. (Abyan)

Generic placeholder image
4
Shark MoveEvil Wars

Mendengarkan band ini karena disarankan seorang dosen mata kuliah musik di radio. Dosen tersebut menyarankan mencari nama Benny Soebardja di internet, dan ternyata banyak juga proyek musiknya. (Rizal)

Generic placeholder image
5
MisfitsSaturday Night

Lagu tentang pembunuhan tidak pernah seromantis ini. Bahkan waktu pertama gue denger gue kira liriknya lagu cinta standar. Ternyata Misfits memang horor. (Gogon)

Generic placeholder image
6
PulpLike a Friend

“You’re the party that make me feel my age.” Kalau lagi menyesal akan sebuah keputusan, lagu ini bisa membuat lo semakin menyesal! Haha. (Gogon)

Generic placeholder image
7
Iwan FalsSugali

Iwan Fals adalah seorang figur panutan saya dalam membuat lirik. Lagu ini membuat saya geleng-geleng dan berkata "Taik ya ada orang yang bisa bikin lagu kritik tapi dibawakan dengan cara seasik ini." Aku kalau bertemu Bang Iwan mau sungkem juga ah. (Kuya)

Generic placeholder image
8
Doel Sumbang ft Nini KarlinaKalau Bulan Bisa Ngomong

Lagu ini menjadi salah satu lagu wajib diputar di mobil ketika saya dan keluarga dalam perjalanan. Di umur saya sekarang, saya baru menyadari bahwa Doel Sumbang adalah penulis lagu yg cerdas. (Rizal)

Generic placeholder image
9
Dirty Pretty ThingsBang Bang You're Dead

Saya dengar lagu ini pertama kali lewat siaran MTV di TV kabel rumah nenek (karena tidak punya di rumah sendiri). Sedari itu, saya tidak pernah bosan dengan single pertama pecahan The Libertines ini. Tidak tahu kenapa ya, mungkin saya lebih ke Carl dibanding Pete. (Abyan)

Generic placeholder image
10
Man or Astro-Man?Rocketship XL-3

Ketika sebuah kapal luar angkasa mampir ke Lombok dan menurunkan alien seram dan jelek hanya untuk berselancar, lagu ini bakal jadi soundtrack-nya. (Gogon)



    0 Comments

Latest News

1  Supertapes: The Panturas
Supertapes: The Panturas

The Panturas hadir untuk mengajak lo "berselancar" di teriknya pantai utara (walau mereka...