Neunaber Neuron: Sang Pedal Analog Fleksibel

  • By: Agung Hellfrog
  • Jumat, 31 May 2019
  • 441 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

"Neuron is the culmination of years of research and development" - Brian Neunaber-

Brian Neunaber sebagai pendiri dari perusahaan ini mengatakan bahwa ini adalah hasil dari pembelajaran gain circuits dari ampli dan pedal tabung maupun solid state, tidak hanya bagaimana hal tersebut membuat kualitas suara yang baik, tapi merekapun berusaha mencari algoritma baru dan yang unik dari hasil yang sudah mereka pelajari.

Neuron  adalah sebuah pedal yang mempunyai gain distorsi dan overdrive yang sangat baik. Pedal yang sangat mudah digunakan dan mempunyai fleksibilitas yang bisa dikatakan sangat ekstrem. Salah satu nilai fleksibilitasnya  adalah pedal ini bisa dihubungkan ke dalam midi controller, yang di mana kita bisa menyimpan 24 preset didalamnya. Sweet, Sangat fleksibel untuk sebuah pedal analog.

Sound and Performance

Enam buah knob yang mempunyai funsi sebagai Gain sekaligus Gate, Compressor, Level Control, dan tiga knob di barisan bawah yang mempunyai fungsi frekuensi low, mid dan high. Masing-masing knob ini berfungsi sangat independen, sehingga ketika kita mengubah setting dari masing-masing knob tersebut tidak akan mengubah parameter detail dari knob lainnya.

Terdapat fungsi Gain dan Kompresor dalam satu buah pedal adalah hal yang sangat menarik untuk seeorang gitaris, karena penggabungan dua fungsi tersebut sangat banyak dilakukan oleh gitaris, yang menariknya adalah penggabungan fungsi Gain dan Kompresor tersebut tidak perlu dilakukakn dengan penggabungan dua buah pedal.

Sebagai tambahan dari fungsi enam knob utama, terdapat juga Alternate Function, Dari knob paling atas di ujung kiri mempunyai Alternate Function sebagai Gate, Lalu ke tengah di knob Compressor terdapat juga Built-in Cabinet Simulator yang bisa kita aktifkan atau tidak. Yeeah, That's sounds good, isn't it? So, kita dapat dengan membawa satu pedal ini saja sudah bisa leluasa untuk dibawa ke panggung karena kita bisa mengaktifkan sound ini direct ke mixer ataupun ke sebuah amplifier.

Dan di tiga knob bawah yang mempunyai fungsi dasar 3-band EQ apabila kita hold switch 'engage' pada pedal tersebut akan mengaktifkan fungsi tambahan "Tight" pada knob Low yang secara sederhananya memberikan Hi Pass Filter, Dan memberikan Low-Pass Filter pada knob bawah paling kanan.

Summary

Neunaber Neouron akan menjadi solusi untuk sebuah istilah amp-in-a-box yang sudah sangat banyak dibutuhkan oleh musisi modern saat ini. Hampir semua fungsi dasar pada sebuah ampli sudah bisa diwujudkan oleh alat ini, dari clean chanel ke gain channel, channel frekuensi yang detail sampai ke hi-pass dan low-pass, begitupun sampai dengan fitur ampli modern saat ini yang sering muncul yaitu fungsi MIDI. 

Semisal kita akan perform dan gak memungkinkan untuk membawa ampli, dalam kondisi yang sama kita gak tau bagaimana kondisi ampli yang ada di panggung, kita gak perlu terlalu khawatir kalaupun kita membawa rig dengan konsep super minimalis dengan hanya membawa alat itu. Dan akan lebih kerasa ketika kita bepergian tur keluar negeri misalkan, kita gak perlu repot-repot untuk bawa ampli, atau multi-effect yang besar. Karena banyak sekali hal yang harus banyak dipertimbangkan ketika kita akan tur ke luar negeri, yup faktor berat barang bawaan akan menjadi salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan karena sistem penerbangan internasional.

Buat saya, dengan membawa pedal ini ditambah dengan pedal delay akan sangat cukup ketika kita membutuhkan suara dengan dimensi yang cukup banyak untuk dimainkan di atas panggung.

Thanks for reading!



    0 Comments

Latest News

1  Mengulik Harry’s Drum Craft
Mengulik Harry’s Drum Craft

Saya yakin teman-teman drummer sudah sangat mengenal salah satu sosok yang mempunyai passion tinggi...