Mengenal ROLI Seaboard Block, Keyboard untuk Eksplorasi Sound

  • By: Agung Hellfrog
  • Selasa, 28 August 2018
  • 948 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah di artikel sebelumnya sudah membahas tentang roll up keyboard, kali ini kita akan membahas produk lain yang tidak kalah uniknya, yaitu ROLI Seaboard Block. Kenapa saya bilang tidak kalah unik, karena meskipun wujudnya sekilas seperti keyboard, tapi benda ini memberikan dimensi baru yang berbeda dari keyboard lainnya. Yup, benda ini menghadirkan fitur sentuhan “5 dimensi”, yaitu Strike, Glide, Slide, Press dan Lift.

  • Strike, adalah seperti menekan keyboard tapi dengan dinamika yang lebih kuat
  • Press , memberikan kita after touch sound, atau memungkan kita untuk menghasilkan sound lain saat sound awal yang kita gunakan berakhir
  • Glide, akan mengakomodasi kita untuk mengatur apa itu yang disebut “Glissando” dalam istilah musik ataupun memberikan vibrato ke dalam note
  • Slide, memungkinkan kita untuk mengatur parameter sebagaimana jari kita bergerak naik ataupun turun
  • Lift,  adalah fitur yang memungkinkan kita untuk menghadirkan sound lain saat kita mengangkat jari kita

Ya kurang lebih itu adalah fitur-fitur yang dihadirkan oleh benda mungil ini. Kenapa saya bilang mungil, karena setiap unitnya benda ini terdiri dari 2-octave. Namun yang menarik adalah kita bisa menambah jumlah tuts-nya dengan menambahkan satu buah unit ROLI Seaboard block lainnya sebanyak yang kita butuhkan.

Benda yang mempunyai dimensi panjang 11 inch dan lebar 5.5 inch ini juga dapat dikoneksikan dengan beberapa perangkat elektronik lainnya seperti smartphone dan laptop/PC melalui aplikasi bawaan dari ROLI Seaboard sendiri. Dan sebagaimana kita tahu, semua hal yang sudah terhubung dengan dunia digital pastinya akan memberikan kita fitur-fitur pilihan sound yang sangat banyak. Benda ini juga dapat kita gunakan sebegai keyboard controller pada umumnya saat kita hubungkan dengan PC. Namun kekurangan saat kita melakukan ini adalah hilangnya fitur “5 dimensi” yang ada di awal

Jadi, konsep dari benda ini adalah untuk mengakomodasi user untuk menghasilkan sound yang memang sangat berbeda sekaligus menghasilkan feel suara yang sama dengan alat musik lainnya. Karena memang fitur “5 dimensi” itu akan sangat membantu pianis/keyboardist untuk meniru alat musik lain yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh keyboard konvensional.

Perlukah kita miliki?

Jika kalian adalah pianis/keyboardist ataupun musisi yang senang bereksperimen dengan banyak sound dan mencari sesuatu yang baru, direkomendasikan setidaknya kalian memiliki duabuah ROLI Seaboard Block, karena oktaf yang dimiliki benda ini memang tidaklah banyak. Dan yang perlu diingat, benda ini sepertinya memang diperuntukan untuk live performance, meskipun dapat digunakan untuk recording (dengan beberapa cara).

Benda ini akan cukup challenging untuk dimainkan pada awalnya. Karena akurasi jari kita akan sangat berpengaruh terhadap sound yang dihasilkan, apalagi untuk memaksimalkan fitur “5 dimensi” yang ada di benda ini.

Jadi jika ditanya apakah benda ini untuk semua orang, mungkin jawaban yang pas adalah “tidak”, karena lebih baik membeli keyboard konvensional dan bereksperimen dengannya. Namun jika kalian adalah orang-orang yang berkeinginan untuk belajar dan mencari tahu teknik bermain yang baik, dan mengeksplorasi sound, maka benda ini akan menjadi layaknya lautan tanpa batas untuk dijelajahi.

*Foto: ROLI, Gearnews



    0 Comments

Latest News

1  Boss SY-300: Mengubah Rasa Gitar Menjadi Synthesizer
Boss SY-300: Mengubah Rasa Gitar Menjadi Synthesizer

Sebelum menulis lebih jauh, saya punya satu pertanyaan untuk para gitaris: Pernahkah kita...