Boss SY-300: Mengubah Rasa Gitar Menjadi Synthesizer

  • By: Agung Hellfrog
  • Selasa, 5 March 2019
  • 790 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Sebelum menulis lebih jauh, saya punya satu pertanyaan untuk para gitaris: Pernahkah kita ngebayangin bermain lagu-lagu Rush, “Subdivision” atau “Tom Sawyer” yang di setiap bagian synthesizer-nya kita mainkan dari instrumen gitar? Kalau saja itu bisa dimainkan dari gitar akan menjadi sesuatu yang menarik bukan? Untuk sekarang, hal itu sudah bisa kita mainkan dari instrumen gitar secara nyata, yang menariknya lagi adalah bukan hanya secara nyata tetapi mudah.

Look Ma, This Is NO (Hexaphonic) Pick Up!!

Sebelum maraknya dunia digital, pencarian sebuah guitar synthesizer seperti mencari harta karun yang sangat langka. Bagi saya pribadi, pemasangan synthesizer pada gitar untuk menghasilkan suara-suara digital hampir bukanlah sesuatu yang menarik minat saya. Secara teknis, terlalu banyak proses yang harus dijalani untuk bisa menghaslkan suara tersebut, seperti memasang Midi port dan pemasangan pick up jenis khusus didalamnya.

Sekarang dengan teknologi polifoniknya, BOSS  SY-300 merubah semua itu, tanpa harus ada pick up khusus, asalkan ada sinyal audio yang masuk maka suara synthesizer dapat dihasilkan oleh stompbox ini tanpa memberikan latency sedikitpun. Ini karena suara yang dihasilkan bukan merupakan sebuah sampel, tetapi sebagai bentuk gelombang yang datang langsung dari pick up gitar, seperti halnya efek konvensional. Tentunya, ini adalah sebuah ide revolusioner yang sangat brilian.

Physical Features

Stompbox berwarna biru ini memiliki media 10x7.5 inci dengan empat buah switch control, enam buah knob, dan tujuh buah tombol setting dan LCD display.

Menggunakan jack standar ¼ inci, perangkat ini sederhana layaknya sebuah stompbox gitar, yang bisa langsung dihubungkan ke amplifier gitar, atau pada komputer yang secara tidak langsung menjadikan alat ini bisa menjadi sebuah audio interface. Jadi kita bisa merekam langsung dari gitar ke komputer dengan alat tersebut. Dan semua pemrosesan adalah digital dengan konverter 24-bit, 44.1 kHz.

Synth On Board

Sebagian besar, BOSS telah mencapai kesuksesan terbukti dengan banyaknya produk mereka yang menjadi legenda dikelasnya. SY-300 menempatkan berbagai suara synth ke dalam format stompbox yang dapat diperlakukan sama seperti peda efek lainnya, dan mereka melakukan ini dengan sangat baik.

Kita juga dapat memetik chord gitar jika memang diperlukan, dan tidak hanya diproses secara analog, tetapi dapat memproses lebih banyak suara gitar konvensional dengan adanya buit-in efek BOSS yang sudah sangat dikenal. Efeknya mencakup hampir semua yang kita bayangkan dengan overdrive dan distorsi dengan beberapa jenis suara overdrive ringan sampai dengan Fuzz penuh, hal yang sama dapat dikatakan untuk modulasi Delay, Reverb, Wah, dan sepanjang garis yang bisa kita temukan di unit multi-efek BOSS lainnya.

Terdapat 70 preset yang bisa digunakan jika kita senang mengutak-atik. Tentunya kita bisa mendapatkan 99 slot suara unik yang dibantu oleh fasilitas blender yang sangat mudah, tetapi jika kita mau memanfaatkan preset yang ada kita selalu mendapatkan opsi pilihan acak.

Pengoperasian efek ini sangat mudah kita bisa setting manual dari knob yang ada, atau dengan langsung mengontrol pada layar LCD. Selain itu, suara bisa langsung di-edit di perangkat komputer dengan mendownload Boss Tone Studio for SY-300 terlebih dahulu.

Synth arsitektur, kita bisa memilih beberapa tipe dari oscillators yang terpisah, dengan beberapa pengaturan yang telah ditetapkan seperti Saw, Triangle, Square, PWM, Detune Saw, dll. Dilengkapi oleh empat prosesor effek, kita bisa memakai suara asli gitar kita berbarengan dengan suara synth ataupun langsung dileburkan ke dalam suara synth.

Semua hal ini bisa digabungkan secara seri ataupun pararel. Sangat dibuat mudah dari kontrol, edit dan penggunaannya. Menariknya selain ada tiga footswitch control, kita masih mempunyai dua slot khusus untuk expression pedal.

Ini akan menjadi hiburan tambahan untuk para gitaris karena untuk bisa memainkan suara-suara synthesizer pada gitar adalah sesuatu yang membuat gitaris betah berlama-lama mengeksplorasi sound gitar, ditambah lagi dengan expression pedal di mana gitaris memiliki salah satu sifat dasar yaitu kesukaannya dengan menginjak expression pedal.

Saya enggak tahu apakah ini cuma pengalaman saya aja atau gimana, yang kalau udah nemu expression pedal bawaannya pengen bermain ekspresif dan lebih explore dengan tingkat pengontrolan muka berkurang sebesar 94%, hehe.

Conclusion

Buat yang menggemari nada-nada atau suara yang ada pada video game, ini adalah alat yang tepat dan bisa sangat membantu memudahkan pada saat pembuatan komposisi dan rekaman.

Contohnya ketika kita memainkan fitur arpeggio, dengan cukup menekan satu nada pada fretboard maka suara yang keluar bisa lebih dari lima nada secara berurutan dengan bentuk arpegio dan tempo yang bisa kita atur sendiri. Khusunya buat gitaris yang seneng banget suara-suara aneh, tentunya this is the right box for you.

Best of all, ini adalah alat yang mendukung untuk membuat sound yang tidak biasa tapi berguna, dan ini akan menjadi partner yang sangat kuat untuk sebuah proses kreatif.

Foto: Roland.co.uk



    1 Comments
  • RidjzallsAchmad
    • RidjzallsAchmad
    • 5 months ago
    okey

Latest News

1  Mengulik Harry’s Drum Craft
Mengulik Harry’s Drum Craft

Saya yakin teman-teman drummer sudah sangat mengenal salah satu sosok yang mempunyai passion tinggi...